Cara menghilangkan ketombe

Cara menghilangkan ketombe - Ketombe adalah suatu kondisi kronis di mana ada rambut rontok pada kulit kepala, yang ditandai dengan gatal dan pengelupasan kulit kepala. Meskipun ketombe tidak menular dan jarang yang serius, tetapi bisa memalukan dan terkadang sulit untuk mengobati. Tapi jangan khawatir, ada berbagai cara untuk menyingkirkan ketombe:


cara menghilangkan ketombe

Penyebab ketombe

Ketombe adalah pengelupasan berlebihan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe bukan merupakan organisme seperti kutu, tetapi hanya kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Sel-sel kulit mati dan mengelupas adalah hal biasa dan normal. Namun pada beberapa orang itu menjadi berlebihan. Bila disertai kemerahan dan iritasi, maka ketombe dapat merupakan gejala dermatitis seboroik atau dari psoriasis.

Ketombe juga dapat disebabkan oleh kondisi lain:

Kulit berminyak.
Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga ditemukan dalam kulit kepala berminyak. Lapisan minyak berlebih di kulit kepala bisa mengering, menebal dan menjadi puing-puing dalam bentuk ketombe.
Keringat.
Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda berkeringat lebih banyak, yang juga dapat menyebabkan ketombe, terutama jika Anda tidak mencuci sesering sebagaimana mestinya.
Jamur.
Bentuk-bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Karena jamur tidak dapat dihilangkan sepenuhnya ketombe juga tidak dapat dibasmi, hanya bisa dikontrol.
Faktor lainnya termasuk:
cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, shampoo yang tidak cocok, kurang sampo bilasan bersih, jarang mencuci rambut, diet, stres dan gangguan hormonal


Berikut adalah beberapa tips untuk menyingkirkan ketombe secara alami:

Cuka dan air:
cuka adalah obat yang sangat baik untuk ketombe, karena kalium dan enzim dalam cuka dapat membantu menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Campur secangkir cuka dengan secangkir air. Setelah keramas, oleskan pada kulit kepala, kemudian biarkan beberapa saat. Kemudian, bilas rambut dengan air bersih dan hasilnya adalah Anda rasakan setelah perawatan selama dua minggu.

Aloe Vera:
ekstrak lidah buaya pada kepala, diamkan dan cuci setelah 15 menit. Setelah beberapa kali perawatan, ketombe di kepala akan hilang.
Garam:
Taburkan dan gosok kulit kepala dengan garam secukupnya. Bilas setelah beberapa saat dan cuci rambut dengan shampo.
jeruknipis dan lemon:
tuangkan 2 sendok makan air jeruk nipis di kepala, kemudian pijat rambut dan kulit kepala. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu tuangkan ke rambut. Bilas dengan air setelah beberapa menit, kepala akan berbau harum dan segar, Ulangi beberapa kali sampai ketombe benar-benar hilang.
Penyegar Mulut:
isi obat kumur antibakteri yang cukup berguna untuk menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Campurkan obat kumur dengan air dan sampo. Cuci seperti biasa sambil memijat kulit kepala dengan jari untuk meningkatkan sirkulasi ke kutikula rambut. Pemeliharaan rutin akan mengusir bakteri dan ketombe.

Tips untuk menyingkirkan ketombe

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala
Menjaga rambut dan kulit kepala bersih sangat penting jika Anda ingin menghilangkan ketombe. Banyak merek sampo untuk mengobati ketombe, tapi pastikan Anda memilih shampo yang mengandung Zinc Pyrithione, Tea-tree Oil, Teh Hijau, dan ketoconazole.

2. Keramas teratur
Keramas teratur adalah kebiasaan yang baik. Membersihkan kulit kepala secara teratur untuk mencegah akumulasi sel-sel kulit mati pada rambut dan kulit kepala. Cuci rambut Anda setidaknya dua atau tiga kali seminggu. Gunakan sampo herbal dan pengobatan sampo ketombe untuk hasil yang lebih baik.

3. Conditioner
Gunakan kondisioner yang baik adalah pada rambut dan kulit kepala tidak. Pastikan untuk mencuci membersihkan sisa kondisioner di rambut Anda karena jika dibiarkan akan memperburuk kondisi rambut yang sudah bermasalah.

4. Sisir dengan Teratur

Sisir rambut secara teratur. Ini adalah cara yang bagus untuk menangkal sel ketombe dan kulit mati dari kepala Anda. Menyisir rambut ketombe juga dapat mengarahkan sampai batas tertentu.

5. Vitamin B Kompleks
Vitamin B dapat secara aktif mengendalikan ketombe. Konsumsi banyak sayuran hijau, telur, dan protein karena dapat memperkuat rambut dan juga mencegah ketombe muncul kembali.

6. cara tambahan
Oleskan campuran lemon dan beberapa tetes minyak mustar pada kulit kepala, pijat perlahan dan biarkan selama satu jam. Kemudian bilas dengan air bersih. Ini adalah obat yang efektif untuk mengendalikan ketombe.

sekian tips cara menghilangkan ketombe dari saya, semoga dapat membantu sobat - sobat yang sedang dilanda ketombe yang amat mengganggu dan membuat sobat jadi tidak percaya diri.